Cara Memendekkan URL

ARI SUDIBYO 18:06
Cara Memendekkan URL. Halo ! Kali ini saya akan membahas mengenai Cara Memendekkan URL (silahkan membaca mengenai Pengertian URL). Tentunya kakak-kakak sekalian mungkin agak risih melihat URL suatu situs yang terlalu panjang dan mungkin bisa lupa mengingat alamat URL tersebut. Untuk itu, cara ini penting diterapkan bagi kakak-kakak yang ingin URL suatu situs menjadi lebih pendek. Okay, tanpa basa-basi lagi silahkan membaca artikel mengenai Cara Memendekkan URL versi saya :)

gambar: homepage bitly.com


Untuk dapat menerapkan cara ini, kita akan menggunakan layanan dari http://bitly.com. Memang banyak beredar situs yang memiliki layanan untuk Memendekkan URL. Tapi kali ini penulis hanya membahas Cara Memendekkan URL dengan layanan http://bitly.com saja karena menurut penulis, situs tersebut tidak hanya berfungsi untuk Memendekkan URL saja, tetapi memiliki layanan untuk menganalisa trafik/pengunjung yang meng-klik URL yang telah kita pendekkan serta kita dapat membuat QR Code dengan URL tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk memulai Cara Memendekkan URLdan menikmati layanan lainnya dari situs http://bitly.com:

Pertama-tama bukalah situs http://bitly.com. Lalu klik "Sign Up" untuk melakukan pendaftaran.

gambar: pendaftaran


Isikan Username anda pada kotak "Username" sebagai identitas anda. Isikan alamat email Anda pada kotak "Email Address". Lalu masukkan password anda pada kotak "Password". Kemudian klik "Sign Up".

gambar: form pendaftaran


Lalu Anda akan masuk ke halaman keanggotaan Anda. Untuk Memendekkan URL, masukkan URL atau alamat situs pada kotak "Shorten your links and share from here". Kemudian klik "Shorten". Kali ini penulis menggunakan alamat blog penulis.

gambar: halaman user


Selanjutnya, akan muncul hasil dari pemendekkan URL tadi.

gambar: hasil Memendekkan URL


Untuk melihat statistik dari hasil pemendekkan URL tadi, klik "Info Page +". Maka akan muncul statistik trafik dan QR Code dari URL tersebut.

gambar: statistik dan QR Code


Sebenarnya, Anda bisa Memendekkan URL tanpa melakukan proses pendaftaran yaitu hanya dengan memasukkan URL yang ingin dipendekkan pada halaman awal/homepage lalu klik "Shorten". Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih, Anda harus melakukan pendaftaran pada situs Pemendek URL tersebut.

gambar: hanya Memendekkan URL


Keuntungan menjadi anggota atau pendaftar pada situs http://bitly.com yaitu sebagai berikut:

  1. Bisa melihat situs atau URL yang telah kita pendekkan.
  2. Bisa memodifikasi URL dari hasil Memendekkan URL tersebut.
  3. Bisa langsung menyebarkan atau share URL yang telah Anda pendekkan.
  4. Bisa melihat  atau menganalisa statistik URL.
  5. Bisa melihat pengguna Facebook atau Twitter yang membicarakan mengenai URL yang telah Anda pendekkan.
  6. Anda dapat mengetahui link/URL asli dari hasil pemendekkan URL.

Kemudian, keuntungan dari Memendekkan URL yaitu sebagai berikut:
  • Anda tidak mudah lupa dengan alamat situs atau URL yang panjang.
  • Tidak boros karakter.
  • Dapat menyembunyikan alamat situs/URL asli yang anda inginkan.
  • Sebagai sarana untuk promosi situs yang anda inginkan.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai Cara Memendekkan URL. Mohon maaf dengan segala kekurangan yang ada pada artikel kali ini dan segala yang ada pada blog ini. Penulis berharap ada masukkan akan blog dan artikel ini. Share is great! Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Memendekkan URL!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »